About

Sharing melalui Media Sosial di bawah ini

Wednesday, June 19, 2013

Dari Tai Chi Master Hingga Muslim Kungfu Master

tai chi master
Anda tentunya sudah pernah menonton film "Tai Chi Master". Film yang dibintangi Jet-Li ini adalah salah satu film silat yang diproduksi di negara China. Fil ini sebenarnya menceritakan bagaimana kisah Zhang San-Feng seorang legenda Tai Chi mempelajari silat tersebut.  Sedikit review, menarik sekali  ketika Jet-Li (sbg.Jun Bao) mempelajari Tai Chi untuk melawan Tien-bo (saudara angkatnya) yang telah nyeleweng dari jalan yang benar (versinya film ya). Ia mempelajari Tai Chi dengan susah payah yang akhirnya menguasai ilmu tersebut. Dan seperti biasanya (dalam film-film)  Tien Bo pun kalah melawan Jun Bao karena jurus Tai Chi yang dipakai Jun Bao.



       Selain Tai Chi, ternyata di China juga terdapat Ilmu beladiri yang diwariskan oleh kaum muslimin di sana. Ilmu ini terinspirasi dari hadits Nabi SAW:
Orang kuat bukanlah orang yang menang bergulat, tetapi yang disebut orang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya pada saat marah”.[HR. Bukhari dan Muslim]


Muslim yang menguasai beladiri ini dinamakan Muslim Kungfu Master. Ilmu ini dikembangkan salah satunya di Masjid Besar Xi'an di China.


 kungfu muslim
              foto : A group of school children practice martial arts formation under the watch of their teacher in the Great Mosque of Xi'an. (wikipedia)

Spirit dalam beladiri ini ada dua hal yang pertama adalah jiwa (yang didapatkan karena ketaqwaan dan kedekatan dengan sang pencipta-Allah SWT) sedangkan spirit luarnya adalah untuk menegakkan kebenaran.

         Jika anda menjadi sutradara film, mungkin menarik menjadikan dua beladiri tersebut menjadi satu film. Kemudian Sang Tai Chi Master karena kalah kemudian dia masuk islam. Tertarik ?


Sumber Referensi :


Journal Publication
The of Foundation Of Technology and Science and Civilisation (FTSC, 1001_Years of Missing Martial Arts) 

muslimheritage.com, The Legacy of Muslim Kung Fu Masters

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Catatan Dunia Islam All Right Reserved