About

Sharing melalui Media Sosial di bawah ini

Monday, March 11, 2013

PEMUDA ITU SUPER HERO : DARI FILM HINGGA DUNIA NYATA, PART 1

Pernah nonton film Power Rangers?  Anda yang masa kecilnya bahagia pasti tahu, mulai dari Mighty Morphin Power Rangers, Star Rangers hingga Power Wild Force(ini berarti penulis masa kecilnya bahagia) gak tau sekarang apa masih ada. Saya tidak membahas megazordnya atau monsternya tetapi tokohnya. Hampir Semua tokoh Power Ranger adalah pemuda, tidak ada (setidaknya saya belum menemukan)diantara rangers ada orang yang sudah tua. Spiderman tokohnya juga pemuda, Batman (juga muda). Yang cewek missal Saras 008 (masih inget gak?) dia juga pemuda (baca:pemudi). 
 
Jadi memang hampir semua film-film kepahlawanan (super hero) diperankan oleh para pemuda. Sangat jarang diperankan oleh kakek-kakek/nenek-nenek. Mengapa kok demikian ? (tanya sutradaranya ja, hehe).Setidaknya bisa kita pakai logika bahwa memang pemudalah yang otak dan fisiknya paling ideal.Fisiknya yang kuat mampu diberi tugas berat dan pikirannya yang masih segar dan kritis mampu menghadapi tantangan zaman.

Bagaimana dengan dunia nyata? Ternyata tidak jauh beda dengan di film. Pemuda tetap menjadi super hero setidaknya meskipun bukan super hero tetapi perubahanperubahan besar dunia yang mengawalnya adalah pemuda. Contoh lokal sajalah, Tentu kita pernah membaca sejarah, Ada Peristiwa yang sangat dikenang dalam Sejarah Indonesia sehingga setiap tanggal 28 November diperingati (baca:sekolah libur)  yaitu Sumpah Pemuda. Mengapa dinamakan Sumpah Pemuda (sederhana saja) karena yang mengucapkan sumpah adalah anak-anak muda. Mengapa kok yang mendeklarasikannya pada waktu itu bukan orang tua atau anak-anak, sehingga namanya Sumpah Orang Tua atau Sumpah Anak-Anak?Yaitu karena tidak keren. Selain tidak keren juga tidak memiliki bobot politik,
 Jika yang mengucapkan orang tua, penjajah akan menganalisa “sebentar lagi mereka jadi tanah, biarin aja sumpah-sumpah”. Jika yang mengucapkan anak-anak merekapun juga menganalisa “halah, kita kasi permen aja mereka diam”. Tetapi jika pemuda yang mengucapkannya tentu lain, karena pemuda punya idealisme, dia bisa menggerakan banyak orang, dia memiliki banyak strategi untuk melawan penjajah jika mereka dibiarkan membuat opini dan menyusun kekuatan ini tentu berbahaya. Gitu loh analisisnya (ini versi saya),
Sehingga peran pemuda amatlah penting dalam peta perpolitikan suatu Negara di dunia ini.Dalam dunia film maupun kenyataan keberadaan pemuda sangat memiliki andil besar. Kemudian apa yang terjadi dengan hari ini ? Apakah butuh superhero lagi untuk menyelamatkan ummat manusia, artinya kita butuh pemuda pemuda super lagi ?
Lanjut ke Part 2.

wassalamualaikum.wr.wb

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2012 Catatan Dunia Islam All Right Reserved